Rabu, 26 Januari 2011

etika berbisnis dalam ajaran islam


Seperti kita ketahui pada dasarnya, etika sangatlah berpengaruh terhadap para pelaku bisnis, terutama dalam hal kepribadian, tindakan, dan perilakunya. Jika seorang pengusaha dapat membentuk karakter dirinya sendiri sesuai dengan akhlak yang mulia, maka dia akan berhasil mencapai keuntungan dalam hidup ini, dan dalam kehidupan yang akan datang. Pembentukan etika dan karakter sangatlah memiliki ikatan yang kuat satu sama lain.
Pembentukan pribadi seorang pengusaha
1.      Ketulusan niat dan kemurnian iman
Niat dalam bekerja bagi seorang pengusaha haruslah digunakan untuk mendapatkan dan mengembangkan uang yang halal, yang dapat memberinya makanan dalam menjalankan ibadah kepada Allah.
2.      Akhlak mulia
Seorang pengusaha muslim harus mengamalkan akhlak mulia, seperti jujur, setia, murah hati, cakap, sederhana. Mengamalkan akhlak mulia akan menghasilkan stabilitas dan kepercayaan, membawa kebaikan dan kesejahteraan, menambah keuntungan yang halal dan menambah pahala dari Allah, karena akhlak mulia merupakan suatu bentuk ibadah yang sangat mulia disisi Allah.
3.      Perilaku santun  dalam berhubungan dengan orang lain
Allah menganjurkan kita untuk memperdulikan orang lain dan memperlakukan mereka dengan kebaikan dan penuh perhatian. Allah berfirman dalam surat Al-Baqarah, ayat 83 “Dan berbuat baiklah”. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersdabda: “semoga kasih sayang Allah tercurah kepada orang yang berlaku lemah lembut dalam membeli, menjual dan menagihkan uangnya.
sekian , ,
semoga bermanfaat,,  amiinn . . .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar