Rabu, 26 Januari 2011

islam dan kebudayaan


·         Islam dan kebudayaan Islami
agama adalah dua bidang yang dapat dibedakan tetapi tidak dipisahkan. Agama bernilai mutlak, tidak berubah karena perubahan waktu dan tempat. Sedangkan budaya, sekalipun berdasarkan agama dapat berubah dari waktu ke waktu dan dari tempat ke tempat. Sebagian besar budaya berdasar pada agama & tidak pernah terjadi sebaliknya. Oleh kerena itu, agama adalah kebutuhan primer dan budaya adalah kebutuhan sekunder. Budaya bisa merupakan ekspresi hidup keagamaan.
sedangkan definisi dari kebudayaan Islam kira-kira adalah adalah ”cara berpikir dan cara merasa taqwa yang menyatakan diri dalam seluruh segi kehidupan sekumpulan manusia yang membentuk masyarakat/kelompok/organisasi/menyeluruh dan lain-lain.
dan satu lagi Islam menggemarkan pemeluknya pergi meninggalkan kampung dan halaman, berjalan ke negeri lain, memperhubungkan silaturahmi dengan bangsa dan golongan lain, saling bertukar pengetahuan, pemandangan dan perasaan.
sebagai Kesimpulannya ialah sbb:
Pertama, kebudayaan merupakan hasil karya, rasa dan cita-cita manusia. Yang dapat berubah setiap waktu, ruang dan tempat. Dengan adanya budaya, kehidupan manusia menjadi lebih terarah dan mendapat tempat yang semestinya dimata manusia itu sendiri.
Kedua, Islam bukan produk budaya, seperti apa yang sering kita dengar sekarang ini. Namun budaya timbul merupakankan efek dari adanya agama itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar