Kamis, 24 Februari 2011

Manusia Dan Penderitaan


Manusia dan penderitaan
2. pengertian siksaan
Siksaan dapat diartikan sebagai siksaan badan atau jasmani, dan dapat juga berupa siksaan jiwa atau rohani. Akibat siksaan yang dialami seseorang timbullah penderitaan. Siksaan yang dialami manusia dalam kehidupan sehari-hari banyak terjadi dan banyak dibaca diberbagai media massa. Berita mengenai siksaan kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Sebuah harian ibu kota / koran, dihalaman pertama isinya sebagian besar adalah mengenai siksaan, pemerkosaan, perampokan, pembunuhan, dan lain-lain.siksaan yang sifatnya psikis misalnya kebimbangan, kesepian dan ketakutan.
Kebimbangan dialami oleh seseorang bila ia pada suatu saat tidak dapat menentukan pilihan mana yang akan diambil. Misalnya bimbang apakah ia akan pergi atau tidak, maka saat itu ia akan merasa tersiksa pada saat itu, bagi yang lemah berpikirnya.
Kesepian dialami oleh seseorang merupakan rasa sepi dalam dirinya sendiri atau jiwanya walaupun ia berada dalam lingkungan orang ramai.
Ketakutan merupakan bentuk lain yang dapat menyebabkanseseotang mengalami siksaan batin. Bila ketakutan itu dibesar-besarkan maka disebut phobia. Penyebab yang menjadikan seseorang merasa ketakutan antara lain;
a.      Claustrophobia dan agoraphobia
Claustrophobia adalah rasa takut terhadap ruangan tertutup.
Agoraphobia adalah ketakutan yang disebabkan seseorang berada ditempat terbuka.
b.      Gamang merupakan ketakutan yang disebabkan bila seseorang berada ditempat yang tinggi. Misalnya seseorang melewati jembatan yang sempit kemudian dibawahnya air yang mengalir, sehingga akan timbul ketegangan pada diri seseorang tersebut.
c.       Kegelapan merupakan suatu ketakutan bila ia berada ditempat yang gelap. Sebab ada dalam pemikirannya yang akan muncul ialah setan, pencuri. Orang yang demikian menghendaki agar ruangan tempat tidurnya selalu dinyalakan lampu yang terang.
d.      Kesakitan merupakan ketakuta yang disebabkan oleh rasa sakit yang akan dialami. Seseorang yang takut diinjeksi atau disuntik sudah berteriak-teriak sebelum jarum injeksi atau jarum suntik ditusukkan ketubuhnya. Hal itu disebabkan karena dalam pikirannya semuanya akan menimbulkan rasa kesakitan.
e.       Kegagalan merupakan ketakutan dari seseorang yang disebabkan karena merasa bahwa apa yang akan dijalankan mengalami kegagalan. Misal; seseorang yang patah hati, dan tidak mudah untuk bercinta kembali. Karena takut kegagalan dalam bercinta menimpa dirinya kembali.
Studi kasus; dalam materi yang dibahas kali ini tidak ada yang mesti dan terlalu dipermasalahkan dalam materi kali ini karena siksaan juga merupakan bagian dari penderitaan atau risiko dalam menjalani kehidupan ini. Perasaan yang muncul dari diri sendiri yang nantinya kita merasa tersiksa dengan semua itu. Umumnya yang terkena ini adalah siksaan batin atau rohani. Sedangkan yang mendapat siksaan jasmani atau fisik seringkali terjadi oleh majikan kepada pembantunya(pembantu rumah tangga), oleh pemimpin kepada bawahannya.
Opini; didalam kitab suci Al Qur’an diterangkan jenis dan ancaman siksaan yang dialami manusia diakhirat nanti, yaitu siksaan bagi orang musyrik, dengki, memfitnah, mencuri, makan harta anak yatim dan lain sebagainya, ayat 40 surat Al Ankabut, menyatakan; masing-masing bangsa itu kami siksa dengan ancaman siksaan, karena dosa-dosanya. Ada diantaranya kami hujani dengan batu-batu kecilseperti kaum Aad, ada yang diganyang dengan halilintarbergemuruh dahsyat seperti kaum tsamud, ada pula yang kami benamkan kedalam tanah seperti Qorun dan ada pula yang kami tenggelamkan seperti kaum nuh. Dengan siksaaan-siksaan itu, Allah tidak akan menganiaya mereka, namun mereka jualah yang menganiya diri mereka sendiri, karena dosa-dosanya.
Oleh karena itu senantiasa lah selalu bertawakal / bertobat kepada Allah SWT, mudah-mudahan kita tidak termasuk kedalam golongan oran-orang yang mendapat siksaan dari Allah SWT. Amiinn . . .
Sumber : Seri diktat kuliah MKDU ilmu budaya dasar widyo nugroho dan achmad muchji UNIVERSITAS GUNADARMA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar