Jumat, 05 November 2010

agama


Agama
Agama adalah sistem atau prinsip kepercayaan kepada tuhan atau juga sebagian orang menyebutnya dengan nama dewa atau nama lainnya dengan ajaran kebhaktian dan kewajiban-kewajiban yang bertalian dengan kepercayaan tersebut.
Manusia memiliki kemampuan terbatas, kesadaran dan pengakuan akan keterbatasannnya menjadikan keyakinan bahwa ada sesuatu yang luar biasa diluar dirinya. Sesuatu yang luar biasa itu tentu berasal dari sumber yang luar biasa juga. Dan sumber yang luar biasa itu ada bermacam-macam sesuai dengan bahasa manusianya sendiri. Misalnya tuhan, dewa, god, dan lain-lain atau hanya menyebut sifat-Nya saja seperti Yang Maha Kuasa, dll. Keyakinan ini membawa manusia untuk mencari kedekatan diri kepada Tuhan dengan cara menghambakan diri , yaitu :
·         menerima segala kepastian yang menimpa diri dan sekitarnya dan yakin berasal dari Tuhan
·         menaati segenap ketetapan, aturan, hukum dll yang diyakini berasal dari Tuhan
Dengan demikian diperoleh keterangan bahwa agama itu penghambaan manusia kepada Tuhannya.
Cara Beragama
Berdasarkan cara beragamanya ada 4 yaitu:
  1. Tradisional,
  2. Formal,
  3. Rasional,
  4. Metode Pendahulu,
Agama di Indonesia
agama besar yang paling banyak dianut di indonesia yaitu: agama islam kristen protestan dan katolik, hindu, budha. tidak ada istilah agama yang diakui dan tidak diakui atau agama resmi dan tidak resmi di Indonesia karena nantinya akan dianggap bertentangan dengan Pasal 29 Undang-undang Dasar 1945 tentang Kebebasan beragama dan Hak Asasi Manusia.

2 komentar:

  1. hehe makanya ada novel Negeri 5 Menara

    BalasHapus
  2. wow,, ktahuan suka baca novell,, heheheee...
    seru jg y critanya..,, apalgi diangkat dr kisah nyata, pngarang itu sndrii..
    hhmmm,,,, very good,,,,

    BalasHapus