Jumat, 05 November 2010

windows 7(seven)


Windows 7 (seven)
Windows 7 (sebelumnya berkodekan Blackcomb atau Vienna) merupakan versi selanjutnya Microsoft Windows yang akan menggantikan Windows Vista.
Microsoft mengumumkan bahwa pengembangan Windows 7 akan berjalan dalam tiga tahun.
Versi klien dari Windows 7 akan dirilis dalam versi 32-bit dan 64-bit walaupun versi servernya (yang akan menggantikan Windows Server 2008) akan dirilis hanya dalam versi 64-bit. Rancangan pada Windows 7 akan memudahkan kita atau orang berpindah antara membuka windows files dan aplikasi.
Rancangan tersebut juga diharapkan akan memberi para pemakai komputer pribadi akses ke file yang belum lama digunakan, dan membuat jaringan kerja rumah jadi lebih otomatis. Kemungkinan besar  Windows 7  pengganti Windows Vista dijadwalkan memasuki peluncuran perdana awal 2010.
mengenai perkembangan Windows 7. Di mana dalam sistem operasi  ini cukup banyak fitur baru yang tadinya sulit ditemui di sistem operasi lain. Namun tentu saja ada beberapa fitur yang ada di Windows Vista ataupun Windows 2008 Server R2.
Lebih Cepat dan Stabil daripada Vista
Windows 7  ini memiliki performa yang lebih stabil daripada windows vista. Windows Seven juga lebih responsif dan lebih hemat dalam penggunaan baterei. Meskipun belum ada pernyataan resmi mengenai spesifikasi minimum untuk dapat menggunakan windows 7, namun Steve Sinofsky menyatakan windows 7 hanya membutuhkan alokasi memori minimal 1Gb saja.
Memilih Jaringan Wireless Hanya dengan 1 klik dari system tray
salah satu fasilitas yang cukup penting dari windows 7 adalah  Langkah-langkahnya  yang lebih praktis dalam memilih jaringan wireless. Biasanya kita selama ini bingung untuk mengkoneksikan laptopnya ke wireless. Biasanya kita Harus masuk control panel, trus masuk ke network connection, dan seterusnya sebelum bisa konek ke jaringan wireless.
Di windows 7 Akan ada peringatan jika ada yang berubah dengan komputer kita
fitur di windows 7 ini akan berfungsi. System akan melaporkan jika terjadi perubahan terhadap komputer kita. Kita akan mendapatkan peringatan saat system ada yang berubah dan anda juga bisa mensetting tingkat privasi tersebut.
Berikut adalah kelebihan-kelebihan windows seven yang dipamerkan Professional Developers Conference di sebuah konferensi untuk para developer :
1. Lebih Cepat dan Stabil dari pada windows Vista.
Windows 7 ini memiliki performa yang lebih stabil dari pada windows vista.
Windows 7 juga lebih responsif dan lebih hemat dalam penggunaan baterai.

2. Anda dapat memilih Jaringan Wireless Hanya dengan 1 klik dari system tray.
Mempunyai langkah yang praktis dalam memilih jaringan wireless yaitu kita dapat memilih Jaringan Wireless hanya dengan 1 klik dari system tray

3. Menampilkan pesan peringatan jika ada perubahan dalam komputer.
System akan menampilkan laporan jika terjadi perubahan terhadap komputer.
Akan menampilkan pesan peringatan saat system komputer ada yang berubah dan kita juga dapat mensetting tingkat privasi tersebut.

4. Tidak adanya sidebar, tetapi mempunyai banyak gadget.
Pada windows 7 tidak adanya sidebar, tetapi gadget-gadget tetap ada dan dapat disetting sesuai keinginan.
5. Adanya Library yang dapat mengorganisasikan dokumen berdasarkan type.
Fitur Windows 7 adalah adanya library yang akan mengorganisasikan dokumen berdasarkan type.
Dan berikut adalah Langkah-langkah menginstall Windows 7
  • Pilih diatara 32-bit atau 64-bit Windows 7 cd instalasi, tergantung keputusan/keinginan kita untuk menginstall 32bit/64bit Windows 7 di PC yg kita miliki.
  • Jalankan program anti-virus untuk membersihkan virus. Kemudian matikan program anti-virus. Tapi Langkah ini hanya bersifat pilihan/optional, kita dapat saja mengabaikannya apabila kita merasa tidak perlu).
  • Siapkan 25 karakter Windows Product Key.(Dapat dilihat pada kemasan CD instalasi atau melalui email konfirmasi apabila kita membeli atau mendownload Windows 7 secara online.
Selanjutnya;
  • Nyalakan komputer dan booting ke Windows XP. Aktifkan koneksi internet pada PC untuk mendownload update selama proses instalasi.
  • Masukkan DVD installer Windwos 7 pada DVD ROM, maka Windows 7 setup akan langsung aktif. Apabila tidak, klik pada Start - My Computer dan buka DVD drive Windows 7 instalasi, kemudian dobel-klik file setup.exe. Apabila kita tidak memiliki Windows instalasi disk, karena membeli secara online, maka buka instalasi file-nya.
  • Pada halaman Install Windows, klik Install now
  • Pada halaman Get important update for installation, pastikan bahwa anda mendapat update terbaru untuk membantu lancarnya instalasi. Anda perlu tersambung dengan internet untuk mendownload update, tetapi apabila tidak ada internet pun masih dapat menginstall dengan baik, meskipun update online sangat disarankan.
  • Pada halaman Please read the license terms, baca dan setujui/accept license terms dan klik Next.
  • Pada halaman Which type of installation do you want?, klik Custom.
  • Pilih partisi/partition berisi Windows XP (kebanyakan menggunakan Drive C:) dan kemudian klik Next. Pastikan tidak memilih external USB hard drive.
  • Pada dialog boc Windows.old, klik OK dan lanjutkan mengikuti instruksi untuk menyelesaikan instalasi Windows 7, termasuk menamai komputer dan mensetting inisial akun pengguna (initial user account).
Catatan: kita dapat menggunakan nama yang sama dengan nama yang kita gunakan pada Windows XP, atau memilih nama baru.
MERESTORE/MENGEMBALIKAN KE POSISI SEMULA FILE-FILE DAN SETTING/PENGATURAN DI WINDOWS 7
Apabila kita ingin melakukan restore file komputer dan setting di Windows 7 setelah upgrade dari Windows XP atau Windows Vista, maka gunakan Windows Easy Transfer dan ikuti langkah-langkah dibawah ini. Tetapi dengan catatan bahwa sebelum melakukan hal ini, terlebih dahulu kita telah melakukan proses Transfer Komputer File dan setting dari Windows XP atau Vista, menggunakan Windows Easy Transfer.
langkah restore file dan setting juga dapat dilakukan di Windows XP menggunakan Windows Easy Transfer.
  • Pertama sambungkan external hardisk anda atau media penyimpan data lainnya yang berisi Windows Easy Transfer migration file, ke komputer.
  • Jalankan Windows Easy Transfer, untuk me-restore file dan program-program dimana seharusnya berada.
  • Browse pada lokasi di External Hard Drive, dimana kita menyimpan Easy Transfer file yang disebut Windows Easy Transfer (atau nama lain sesuai dengan nama yang kita berikan) dan dobel klik pada file tersebut
  • Masukkan kata sandi/password apabila Easy Transfer file dilindungi oleh password, kemudian klik Next.
  • Pada halaman Choose what to transfer to this computer, anda bisa tentukan bagaimana user account yang berasal dari Windows XP anda akan ditransfer ke Windows 7.
-         Untuk akun mapping, klik Transfer.
-         Untuk mengubah mapping Windows XP akun di Windows 7, klik Advanced Options.
  • Pada halaman Your transfer is complete, klik See what was transferred untuk melihat list user dan file-file yang telah dipindahkan dari Windows XP ke Windows 7. Klik See a list of programs you might want to install on your new computer untuk melihat apa saja yang sebelumnya telah terinstall di Windows XP.
  • Klik Close. Apabila diminta untuk merestart komputer, klik Restart now.
Apabila mentransfer lebih dari satu user account, maka akan mendapat peringatan untuk mengubah password di lain sewaktu kita log on. Apabila mendapat peringatan tersebut, klik OK, dan pada dialog box yang muncul, lakukan hal berikut:
  • Apabila ingin memberikan password bagi user (direkomendasikan), ketik password baru, ketik ulang, dan tekan Enter. Tidak perlu mengetikkan password lama dari Windows XP.
  • Apabila kita  tidak ingin menggunakan password, biarkan kotak pengisian kosong dan tekan Enter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar